Rabu, 08 Februari 2012

Tex-Mex


Ini satu lagi masakan dari Meksiko, nama makanan ini adalah Tex-Mex, sebuah perpaduan makanan modern yang berasala dari Texas dan Meksiko. Kata Tex-Mex disini adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan masakan regional dari Amerika yang memadukan berbagai produk dan kreasi kuliner Amerika-Meksiko serta dipengaruhi oleh masakan dari Meksiko.

            Tex-Mex sendiri sebenarnya hampir mirip dengan Quesadilla, karena kesamaan dari beberapa bahan pembuatnya. Seperti beberapa bahan yang umum digunakan dalam masakan Meksiko, namun bahan-bahan lain yang tidak biasanya digunakan di Meksiko sering juga ditambahkan dalam pembuatan makanan Tex-Mex ini sendiri.

Biasa nya bahan masakan Tex-Mex ini dapat ditandai atau dikenali dengan penggunaan berat isi nya, seperti keju yang meleleh, daging (terutama sapi), kacang, dan berbagai macam rempah-rempah. Biasanya itu biasa disebut gaya Meksiko, karena adanya penggunaan tortilla. Sementara jika gaya Texas, biasanya menggunakan cabai con carne, cabai con queso, nachos, saus cabai, dan fajitas.

            Semakin hari masakan ini telah menyebar dari negara-negara perbatasan seperti Texas dan orang-orang yang ada di daerah Amerika Serikat Barat Daya, pada akhirnya menyebar ke seluruh penjuru negeri. Sementara itu Tex-Mex yang paling populer di negara bagian selatan berasal dari Texas, karena Tex-Mex jenis ini berbeda dengan masakan barat yang ada di Arizona, New Mexico, Colorado, dan Utah.

Sementara itu di daerah lain, masakan dari barat daya yang sangat digemari seperti masakan yang berasal dari Meksiko Baru. Karena negara-negara barat daya, seperti Nevada dan Pantai Barat serta negara bagian California lebih cenderung untuk tetap mengikuti perkembangan terbaru dari makanan Meksiko-Amerika. Di lain dari pada itu semua "Tex-Mex" biasanya digunakan untuk menggambarkan versi lokal dari masakan Meksiko, atau lebih tepatnya komoditas dari budaya Meksiko dan lebih identik dengan masakan Barat Daya.



Aditya Indrawan N
*Based on Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar